Sunday, April 22, 2012

0 bukan Kosong tapi Nol

Penting gak penting, saya merasa terusik untuk membuat entri ini. Sebelumnya saya minta agan-agan membaca "085223090xxx", bukan sok benar atau fanatik tapi belagu mungkin karena sudah kebiasaan kebanyakan dari agan-agan membacanya "kosong delapan lima...blah...blah...". It's OK (baik) tapi sayangnya tidak benar. Namun, sepertinya kebiasaan tersebut sudah menjamur. Di acara-acara televisi pun  khususon acara kuis, dengan lantang dan penuh percaya dirinya ketika mengacak nomor HP dan dapat satu calon pemenang hostnya menyebutkan nomor HP tersebut "OK, pemenangnya ialah kosong delapan blah...blah...".


Ingat! Kosong itu bukan angka, sementara jika agan-agan menyebutkan nomor HP berarti menyebutkan angka-angka. Sebagai kesoktahuan saya, saya mengasumsikan kosong itu menyatakan keadaan. Misalnya kamar kosong, bangku kosong (ih, seram!) dll. Kalau dalam bahasa Inggris, kosong berarti empty. Masa iya menyebutkan "085223090xxx" dalam bahasa Inggris "empty eight five...blah...blah..."he.

Jadi, mulai sekarang kita (kita? yang sudah tidak menyebutkan 0 itu kosong tidak termasuk, kita? saya termasuk dong? iya,hehe) membiasakan diri untuk menyebutkan 0 itu nol dan bukan kosong karena tidak ada ruginya kita membiasakan hal yang benar dan tidak hanya baik saja tapi baik dan benar.