Tuesday, April 24, 2012

Apa itu Torrent?

Torrent? Mungkin sudah banyak juga yang mengetahui apa itu Torrent tapi mungkin juga bagi sebagian masih kebingungan bagaimana cara mendownload file melalui Torrent belagu. Torrent adalah sebuah media alternatif yang digunakan untuk mengupload dan mendownload file berukuran besar melalui internet. Torrent berbasiskan peer to peer atau bisa dikatakan tidak mempunyai server dedicated, jadi semua orang yang mendownload otomatis akan menjadi server juga dan tentunya kecepatan downloadnya akan berbeda dari kecepatan download melalui http.

Torrent adalah file yang kecil, yang berukuran hanya sekitar beberapa kilobyte saja dengan ekstensi *.torrent. File ini berisi informasi yang dibutuhkan untuk mendownload file tertentu. Informasi yang terkandung dalam file Torrent meliputi nama file, ukurannya, tempat downloadnya dll.

Berikut istilah-istilah dalam Torrent:
  1. Seed adalah pengguna yang telah selesai mendownload file dari Torrent dan melakukan sharing.
  2. Peer adalah semua orang yang sedang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder).
  3. Leech adalah sama dengan peer, sering digunakan untuk menamai peer dengan UD (Upload/Download) ratio yang rendah. Sedangkan istilah Leecher ditujukan kepada yang telah selesai mendownload sebuah file dan begitu selesai mendownload file tersebut dia langsung disconnect atau menghentikan proses sharing file tersebut.
  4. UD ratio adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang agan download sama dengan yang agan upload)
  5. Tracker adalah server, yang mengkoordinasikan proses download semua user. Server tersebut menyimpan data tentang berapa banyak seeder, leecher, peers dan info lainnya dari sebuah file torrent. Tracker mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang mendownload, upload/sharing sebuah file.
  6. Swarm adalah simpulan dari semua seed dan peers (dengan demikian tracker mempunyai swarm untuk semua komputer yang pernah mendownload file Torrent darinya).
Saat memilih file Torrent lihat perbandingan seed dan leech-nya. Kalau seed lebih banyak daripada leech biasanya download bakal cepat, kalau sebaliknya download bisa lambat atau tidak terdownload sama sekali. Proses downloadnya sendiri ada 2 tahap. Yang pertama adalah mengambil file *.torrent terlebih dahulu. Yang kedua file *.torrent itu agan buka di aplikasi Torrent client (misalnya ĀµTorrent dan BitTorrent, saya sendiri memakai BitTorrent). Nanti aplikasi Torrent client itu yang akan mendownload file aslinya.

Source: elhaidar-blog, ba-nobrain