Sunday, April 22, 2012

Cara Mudah Mengatur Ulang Partisi HDD

Dulu waktu masih awam banget, sempat dibingungkan dengan cara mengatur ulang partisi harddisk yang sudah terinstal OS (khususon MS Windows). Partisi C:/ sudah mau full sedangkan di partisi D:/ masih banyak space yang tersedia, ada aplikasi gede yang harus diinstal tapi maunya nginstal di partisi C:/ gak mau di partisi D:/ karena saya masih labil (takut ada error) jadi kalau nginstal aplikasi kudu di partisi C:/.  Masa sih harus diinstal ulang OSnya (Huh, boro-boro nginstal ulang OS). Itu dulu waktu masih awam banget, tapi sekarang agak sedikit berbeda, masih awam tapi nggak terlalu banget. (mulai meracau,he). OK, langsung saja deh.

Banyak sebenarnya aplikasi/software untuk mengatur ulang partisi hard disk teh, tapi saya mau berbagi salah satunya saja yang sudah pasti saya pernah memakainya dan asli grastis. Nama aplikasinya adalah EaseUS Partition Master Home Edition. Aplikasinya bisa didownload di sini

Menurut saya aplikasi ini easy use, untuk mengatur ulang partisi harddisk agan cukup drop & drag sesuai ukuran yang agan inginkan terus klik apply lalu restart komputer.